Lantai Kayu Parket
Mendesain rumah harus dibuat sedemikian menarik sehingga akan membuat betah penghuninya. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam rumah adalah dengan mendesain lantai menarik.

Saat ini bahan yang dipakai sebagai lantai rumah sangat beraneka ragam, dan saat ini yang mulai banyak peminatnya adalah lantai rumah berbahan dasar kayu. Lantai kayu ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan lantai rumah berbahan lain. Tapi jangan lupakan juga kekurangandari lantai kayu ini sehingga nanti kita akan lebih bijaksana dalam menentukan pilihan

KELEBIHAN :
1.Memunculkan Kesan Alami
Dengan pemakaian lantai dari bahan kayu,kesan alami dan natural dalam rumah akan tercipta. Bagi yang menyukai suasana alam,pemakaian lantai kayu ini bisa membuatnya merasa betah berada di dalam rumah. Motif kayu yang beraneka ragam menjadikan kita lebih leluasa dalam memilih motif sesuai dengan desain interior ruangan.

2.Membuat Ruangan Menjadi hangat
Kelebihan lantai kayu akan membuat ruangan menjadi hangat meskipun pada musim dingin atau musim penghujan. Karena sifat dari kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari yang selanjutnya akan digunakan untuk menghangatkan udara pada malam hari.

KEKURANGAN :
1.Perlakuan Khusus Agar Tak Mudah Keropos
Lantai kayu yang kurang mendapatkan perlakuan khusus saat akan dipasang terutama penanggulangan terhadap rayap, pasti akan mudah mengalami keropos karena ulahrayap ataupun kelembaban. Kelembapan akan berpengaruh terhadap kayu, kayu menjadi mudah lapuk dan menimbulkan bau yang kurang sedap.

2.Lantai Memuai
Kekurangan lantai kayu yang lain yaitu sifatnya yang bisa memuai ataupun menyusut saat terjadi perubahan suhu yang drastis. Jika lantai kayu mengalami pemuaian maka akan menjadikan lantai tidak rata dan tidak nyaman.

3.Susah Dibersihkan
Lantai kayu jika terkena noda dari tinta atau cat, sulit untuk dibersihkan. Karena cairan tinta ataupun cat tersebut akan meresap ke dalam kayu selanjutnya menyatu dengan kayu. Selain itu lantai kayu yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi sarang penyakit dan bakteri yang bisa bersembunyi di sela-sela serat kayu.

PERAWATAN :
Setelah memutuskan untuk menggunakan lantai parket atau lantai kayu, hal yang paling utama adalah merawatnya dengan baik. Ada banyak produk lantai parket yang menjanjikan tahan gores karena telah dilapisi anti gores. Namun, tetap saja saat merawatnya perlu dilakukan dengan baik.

Merawat lantai kayu perlu dilakukan dengan hati-hati. Itu dilakukan agar keindahan lantai parket bisa tetap terjaga. Saat membersihkan lantai kayu gunakan sapu yang lembut berbahan bulu. Ini penting agar permukaan kayu tidak tergores.

Sedangkan, untuk menjaga keawetan, hindarkan penggunaan air berlebihan pada lantai kayu. Untuk itu gunakan lap kering agar air tak merembes ke dalam pori-pori kayu. Meski demikian banyak pula produk lantai paket yang menjanjikan tahan gores dan tak bisa dirembesi air.

Agar lantai kayu tetap tampak indah, poleslah dengan minyak lemon satu bulan sekali. Minyak jenis ini dianggap aman bagi aktivitas keluarga. Di antara kelebihan dan kekurangan yang dimiliki lantai kayu, bisa menjadi pertimbangan saat akan memilih jenis lantai.

Posting Komentar

 
Top